Selasa, 10 Februari 2015

Pondasi Rumah Sederhana Yang Umum Dan Kokoh

Tak luput dari pembangunan rumah yang kokoh, pondasi adalah fakor yang diutamakan baik rumah sederhana maupun rumah mewah tanpa pemilihan pondasi yang kokoh dan kuat rumah akan retak dalam beberapa bulan.

Pondasi merupakan ciri dari kekuatan rumah dan seberapa tahan rumah itu dibangun, jika dalam pemilihan material pondasi kurang tepat dan struktur lokasi tanah kurang dipahami oleh pembangun rumah mengakibatkan rumah yang terlihat kokoh dapat rubuh dengan mudah bila terkena guncangan gempa ringan.

Jenis Jenis Pondasi Rumah Sederhana Dan Rumah Bertingkat (Mewah)

Jenis jenis pondasi rumah sangat perlu dipelajari sebelum membangun rumah, karena pembangunan pondasi bukan asal main – main dan jadi. Baik pembangunan rumah sederhana, bertingkat semua kembali kepada pondasinya.

Berikut ini adalah jenis – jenis pondasi yang umum digunakan :

1. Pondasi Dangkal

Pondasi dangkal merupakan pondasi yang kerap digunakan untuk rumah sederhana dan tidak bertingkat. Tak hanya itu pondasi dangkal sering digunakan untuk pembangunan kost, pos jaga, kantor polisi dan sebagainya.
Berikut ini jenis jenis atau kategori dari pondasi dangkal :
  • Pondasi Rollag bata
Pondasi rollag bata merupakan jenis pondasi yang cocok digunakan untuk bangunan low height beban yang sangat ringan biasa digunakan untuk pembangunan teras.
  • Pondasi Umpak
Pondasi ini sering digunakan untuk rumah kayu biasanya menggunakan material seperti batu yang disusun meningkat, cor beton tidak bertulang.

Pondasi Rumah Umpak
Pondasi Rumah Umpak


  • Pondasi Menerus
Pondasi menerus biasa digunakan untuk membangun dinding dinding rumah, karena sifatnya menerus sehingga semua beratnya bangunan akan dipikul oleh dinding dan dinding tersebut akan diteruskan sampai ujung ke ujung.

Pondasi Menerus Pada Rumah Sederhana
Pondasi Menerus Pada Rumah Sederhana

  • Pondasi Telapak
Pondasi yang kerap digunakan untuk pembangunan rumah sederhana adalah pondasi telapak karena memiliki beton bertulang yang dibuat berbentuk persegi panjang.

Pondasi Telapak Pada Rumah Sederhana
Pondasi Telapak Pada Rumah Sederhana


Dan masih banyak lagi pondasi dangkal, namun yang saya share disini adalah yang sering dipakai dan digunakan oleh kontraktor.

2. Pondasi Dalam

Pondasi dalam adalah pondasi yang biasa digunakan pada rumah bertingkat seperti hotel, rumah minimalis lantai 2, rumah mewah, jembatan,  apartemen dan sebagainya.
Berikut ini adalah jenis pondasi dalam yang sering digunakan :
  • Pondasi Tiang Pancang (Pile Cap Foundation)
Merupakan salah satu pondasi yang memikul beban diatasnya, material yang digunakan dalam pondasi tiang pancang seperti beton, baja, dan kayu. Pondasi ini digunakan untuk memikul berat atas bila kondisi tanah tidak memungkinkan, namun memiliki texture keras didalam tanah, maka tiang pancang sangat cocok untuk digunakan.

Pondasi Tiang Pancang
Pondasi Tiang Pancang

  • Pondasi Bored Pile
Merupakan pondasi yang menggunakan prinsip material tabung, yang dapat menyangga dan meneruskan bangunan diatasnya. Model yang digunakan sama dengan tiang pancang yang membedakan adalah pengerjaannya.

Pondasi Bored Pile
Pondasi Bored Pile





Source Images:
http://google/images
<data:blog.pageTitle/>